Wednesday, March 25, 2020

Perlunya Manajemen Organisasi




  Organisasi merupakan kumpulan dari berbagai individu yang memiliki visi misi dan tujuan yang sama.Untuk mencapai tujuan yang tepat tentunya dibutuhkan suatu fungsi manajemen.Manajemen merupakan sebuah kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun pekerjaan dengan tata cara yang baik dan benar.Manajemen merupakan konsep perhitungan rasio output dan juga rasio input.

Penetapan Misi dan Tujuan Organisasi

Sebelum organisasi menentukan tujuan mereka,hal yang lebih dulu dikerjakan adalah menetapkan misi.Berikut akan coba saja jelaskan beberapa tahapan sesuai dengan pemahaman saya.

1. Menetapkan Misi
 Misi suatu organisasi adalah maksud yang unik dan mendasar agar berbeda dengan organisasi lainnya yang bertujuan untuk menciptakan keunggulan dari yang lain.

2. Tujuan Organisasi
 Tentu saja sebuah organisasi harus mempunyai tujuan agar arah kedepannya jelas dan terarah.Penentuan tujuan sendiri merupakan hal yang wajib dikerjakan oleh seorang wirausahawan,tujuan organisasi merupakan suatu gambaran yang nantinya akan dicapai di masa yang akan datang.Namun banyak orang yang masih mengartikan Tujuan dan Sasaran dengan arti yang sama,padahal tujuan memiliki pengertian yang lebih luas,sedangkan sasaran lebih khusus dengan skala yang lebih spesifik.

Struktur Organisasi

Struktur organisasi bisa kita identifikasikan sebagai mekanisme formal dengan organisai yang kita kelola.Struktur organisasi menurut saya merupakan hal yang penting,karena jika ide usaha hanya dikerjakan sendiri makan ide tersebut tidak akan kemana-mana dan tidak akan berkembang,oleh sebab itu dibutuhkan struktur organisasi yang baik dan tepat.Berikut akan saya jelaskan beberapa faktor utama yang menentukan perancangan struktur pada sebuah organisasi :


  1. Strategi organisasi dibuat untuk mencapai tujuan organisasi
  2. Teknologi yang digunakan
  3. Karyawan dan orang-orang yang terlibat dalam organisasi
  4. Ukuran organisasi
Unsur-unsur struktur organisasi terdiri dari :

  1. Spesialisasi kegiatan yang sesuai dengan spesifikasi tugas individual maupun tugas kelompok kerja
  2. Standardisasi Kegiatan,merupakan prosedur yang digunakan di sebuah organisasi untuk menjamin terlaksananya kegiatan sesuai dengan rencana yang ada
  3. Koordinasi kegiatan,prosedur yang mengintegrasikan fungsi-fungsi satuan kerja dalam sebuah organisasi
  4. Sentralisasi dan desentralisasi pembuatan keputusan,yang menunjukan lokasi kekuasaan pembuatan keputusan
  5. Ukuran satuan kerja untuk menunjukan jumlah karyawan dalam suatu kelompok kerja,

Bagan Organisasi

Bagan organisasi menggambarkan lima aspek utama,yaitu :

  1. Pembagian kerja
  2. Manajer dan bawahan atau rantai perintah
  3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
  4. Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
  5. Tingkatan Manajemen'

Bentuk-bentuk organisasi

  1. Bentuk Pyramid,Bentuk yang paling banyak digunakan karena sifatnya yang sederhana dan mudah di mengerti bagi orang awam sekalipun
  2. Bentuk Vertical,Sedikit mirip dengan Pyramin,pelimpahan kekuasaan dari atas ke bawah,hanya saja Vertical berwujud tegak sepenuhnya.
  3. Bentuk Horizontal,bagan yang digambarkan secara mendatar
  4. Bentuk Lingkaran,Bagan yang menekankan pada sebuah hubungan antar satu jabatan dengan jabatan yang lain.

No comments:

Post a Comment

Cara Menyusun Business Model Canvas

Hallooo sobat unggul! Kali ini saya akan menjelaskan mengenai gimana sih cara menyusun Business Model Canvas sesuai dengan ide bisnis yang s...