Friday, March 20, 2020

Merintis Usaha Baru


               Ketika kita hendak memulai suatu usaha maka akan timbul berbagai tantangan tersendiri,terutama bagi orang yang baru pertama kali terjun di dunia bisnis tanpa peduli kecil atau besarnya bisnis yang ingin anda jalankan.Tidak jarang dari kita yang akhirnya batal memulai usaha karena tidak tahan dengan berbagai tantangan yang dihadapi.
               Namun ada fakta yang cukup menarik,semua pelaku bisnis juga seperti itu. Pernah merasakan ketakutan akan gagalnya bisnis yang dia rintis dan takut menghadapi segala resiko tanpa mencobanya terlebih dahulu.Mereka lebih fokus mencari solusi ketimbang mencari alasan,serta lebih banyak praktek sesuai dengan solusi yang ditemukan.Itulah alasan pebisnis yang sukses selalu menghasilkan inovasi-inovasi baru dan selalu berhasil menemukan jalan untuk mencapai kesuksesan.
               Untuk memulai sebuah bisnis baru kita harus bertanya pada diri sendiri,apa sih tujuan kita membangun sebuah bisnis? Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha

1.      Temukan ide terlebih dahulu
Mengapa demikian? Biasanya sebuah bisnis yang dijalankan sesuai dengan passion akan dijalankan dengan sangat serius.Kita tentunya akan lebih terpacu semangatnya dalam menjalankan bisnis tersebut.
2.      Memulai dengan bisnis modal kecil
Bertujuan agar kita dapat melatih mental berbisnis dan mengumpulkan modal yang lebih besar. Sehingga kita akan selalu terpacu untuk mencari cara bagaimana agar usaha yang dijalankan dapat terus berkembang.Contoh usaha bisnis modal kecil adalah usaha kuliner rumahan,usaha kerajinan tangan,dll.
3.      Membuat Visi dan Misi yang jelas.
Setiap kesuksesan selalu mempunyai alasan dan latar belakang. Akan selalu muncul alasan yang mendorong.Contoh alasannya adalah kita ingin memulai sebuah usaha,ingin menjadi kaya dan sebagainya,itulah mengapa tujuan yang jelas merupakan sebuah kekuatan yang sangat luar biasa.Dengan demikian,agar kita bisa memulai sebuah bisnis dengan baik,maka buatlah visi dan misi yang jelas.Kemudian di ikuti dengan membuat rencana bisnis yang matang.
4.      Praktik
Setelah menemukan ide yang tepat,langkah berikutnya adalah atur rencana bisnis yang akan kita jalankan dan segera eksekusi.Ide tanpa eksekusi sama saja tidak ada gunanya.Oleh sebab itu,segeralah eksekusi jika kita telah memiliki ide yang tepat.
5.      Belajar dari orang yang ahli dan telah menekuni bisnis
Metode ini merupakan salah satu yang paling ampuh ketika kita hendak merintis sebuah bisnis.Selain itu,kita juga bisa belajar dari pengalaman mereka yang telah mereka punya.
6.      Identifikasi terget dan pasar yang hendak anda tuju
Identifikasi dengan cara melakukan riset bagaimana target pasar yang akan kita tuju,meliputi siapa saja target kita,peluang dan tingkat persaingan yang ada pada saat ini.Langkah ini sangatlah penting untuk dilakukan supaya kita paham akan dibawa kemana arah bisnis yang kita jalankan.

No comments:

Post a Comment

Cara Menyusun Business Model Canvas

Hallooo sobat unggul! Kali ini saya akan menjelaskan mengenai gimana sih cara menyusun Business Model Canvas sesuai dengan ide bisnis yang s...