Aspek
Pemasaran Dalam Berwirausaha
Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
merupakan sebuah sistem yang dari kegiatan bisnis yang bertujuan untuk
merencanakan,menentukan harga produk yang akan dijual,mempromosikan dan juga
mendistribusikan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar yang potensial
serta mempertemukan kebutuhan dengan pemenuhan kebutuhan.
Pembagian
Segmentasi dan Target Pasar
Target pasar merupakan cara membagi pasar menjadi
beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang kemungkinan memerlukan produk yang berbeda. Segmentasi sendiri dapat berupa
geografik,demografik,psikografik maupun perilaku.Setelah kita selesai melakukan
segmentasi,kita perlu menentukan target pasar yang potensial untuk menghindari
kerugian.
Posisi
Pasar dan Posisi Produk
Posisi pasar
ditujukan untuk mengarahkan konsumen sesuai dengan apa yang kita rencanakan dan
kita harapkan.Menentukan posisi pasar yang berkaitan dengan posisi produk
berdasarkan harga,fungsi,kelas pengguna,penantang pasar dan juga kelas produk
Menyusun
Strategi Pemasaran
Strategi
Pemasaran adalah bentuk pendekatan bisnis untuk mencapai tujuan usaha atau
mencakup keputusan target pasar,penentuan penempatan produk,hingga menghitung
biaya yang diperlukan.Hal ini bertujuan agar seorang pengusaha tidak salah
dalam menjual maupun memasarkan sebuah produk.Misal di suatu kawasan produk
yang dibutuhkan adalah bahan pokok makanan seperti beras dan sayuran,namu yang
dipasarkan ke kawasan tersebut adalah minuman bersoda,hal ini akan
mengakibatkan kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi dan perusahaan akan
mengalami kerugian karena memasarkan produk yang tidak sesuai dengan target
sasaran.
Analisa
Produk
Analisa produk
bertujuan untuk melihat apakah produk yang hendak dipasarkan sudah sesuai
dengan kebutuhan dan standar yang ada.Hal ini tentunya diperlukan untuk melihat
grafik pertumbuhan penjualan dan peningkatan mutu dan kualitas suatu produk.
Promosi
promosi atau disebut dengan Promotional Mix dalam aspek
pemasaran adalah kombinasi strategi terbaik dari faktor yang terkait dengan
periklanan, penjualan langsung, dan berbagai alat untuk promosi yang telah
direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.
Kita dapat melihat bahwa definisi tersebut tidak menyebutkan
secara jelas beberapa variable bauran pemasaran selain periklanan dan personal
selling. Pada initnya variabel yang ada di dalam bauran promosi ada 3 yaitu
:
1.
Periklanan
Periklanan adalah bentuk presentasi dan promosi non privat mengenai ide,produk yang dibiayai oleh pihak bersponsor tertentu.Dalam kaitannya dengan pengertian tersebut,Nickles telah memasukan beberapa pihak yang bisa menjadi sponsor,yaitu tidak hanya perusahaan saja tetapi juga lembaga-lembaga non profit oriented seperti lembaga pemerintahan,lembaga pendidikan dan sebagainya termasuk individu.Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sponsor bersifat massal karena menggunakan media massa seperti radio,televisi,surat kabar hingga sosial media.
2.
Personal
Selling
Terjadi interaksi secara langsung denggan adanya pertemuan antara penjual dan pembeli. Komunikasi yang terbentuk bersifat individual dan dilakukan timbal balik. Keduanya dapat memberikan tanggapan masing-masing dan dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kondisi yang ada. Kegiatan pada aspek pemasaran ini tidak hanya terjadi di tempat pembeli saja tetapi juga dapat dilakukan di tempat penjual atau toko..
3.
Promosi
Penjualan
Aktivitas pada promosi penjualan antara lain : peragaan,pertunjukan dan pameran,demonstrasi dan sebagainya. Biasanya kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan promosi lain dan biayanya relatif lebih murah dibandingkan periklanan dan penjualan secara langsung. Promosi dikatakan lebih fleksibel dikarenakan dapat disesuaikan dengan biaya yang ada dan dilakukan dimanapun. Pada kampanye promosi oerusahaan dapat menggunakan salah satu variabel tersebut atau kombinasinya yang di koordinir dengan strategi produk,harga dan distribusi. Secara bersama-sama variabel tersebut mampu membentuk marketing mix yang ditujukan untuk menjacapai pasar.
Kepuasan Pelanggan
Melihat kepuasan pelanggan bertujuan untuk memenuhi hak konsumen dan juga menjadi indikator keberhasilan suatu produk yang sudah dipasarkan.Ada 4 hak yang dimiliki oleh konsumen,yaitu :
·
Hak atas keselamatan
·
Hak untuk diberitahu
·
Hak untuk memilih
·
Hak untuk didengar
No comments:
Post a Comment