Wednesday, April 1, 2020

Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha




Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha

Pengertian Pemasaran
            Pemasaran merupakan sebuah sistem yang dari kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan,menentukan harga produk yang akan dijual,mempromosikan dan juga mendistribusikan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar yang potensial serta mempertemukan kebutuhan dengan pemenuhan kebutuhan.

Pembagian Segmentasi dan Target Pasar
            Target pasar merupakan cara membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang kemungkinan memerlukan produk  yang berbeda. Segmentasi sendiri dapat berupa geografik,demografik,psikografik maupun perilaku.Setelah kita selesai melakukan segmentasi,kita perlu menentukan target pasar yang potensial untuk menghindari kerugian.

Posisi Pasar dan Posisi Produk
            Posisi pasar ditujukan untuk mengarahkan konsumen sesuai dengan apa yang kita rencanakan dan kita harapkan.Menentukan posisi pasar yang berkaitan dengan posisi produk berdasarkan harga,fungsi,kelas pengguna,penantang pasar dan juga kelas produk

Menyusun Strategi Pemasaran
            Strategi Pemasaran adalah bentuk pendekatan bisnis untuk mencapai tujuan usaha atau mencakup keputusan target pasar,penentuan penempatan produk,hingga menghitung biaya yang diperlukan.Hal ini bertujuan agar seorang pengusaha tidak salah dalam menjual maupun memasarkan sebuah produk.Misal di suatu kawasan produk yang dibutuhkan adalah bahan pokok makanan seperti beras dan sayuran,namu yang dipasarkan ke kawasan tersebut adalah minuman bersoda,hal ini akan mengakibatkan kebutuhan masyarakat tidak terpenuhi dan perusahaan akan mengalami kerugian karena memasarkan produk yang tidak sesuai dengan target sasaran.

Analisa Produk
            Analisa produk bertujuan untuk melihat apakah produk yang hendak dipasarkan sudah sesuai dengan kebutuhan dan standar yang ada.Hal ini tentunya diperlukan untuk melihat grafik pertumbuhan penjualan dan peningkatan mutu dan kualitas suatu produk.


Promosi
promosi atau disebut dengan Promotional Mix dalam aspek pemasaran adalah kombinasi strategi terbaik dari faktor yang terkait dengan periklanan, penjualan langsung, dan berbagai alat untuk promosi yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan.

Kita dapat melihat bahwa definisi tersebut tidak menyebutkan secara jelas beberapa variable bauran pemasaran selain periklanan dan personal selling. Pada initnya variabel yang ada di dalam bauran promosi ada 3 yaitu : 



1.     Periklanan

Periklanan adalah bentuk presentasi dan promosi non privat mengenai ide,produk yang dibiayai oleh pihak bersponsor tertentu.Dalam kaitannya dengan pengertian tersebut,Nickles telah memasukan beberapa pihak yang bisa menjadi sponsor,yaitu tidak hanya perusahaan saja tetapi juga lembaga-lembaga non profit oriented seperti lembaga pemerintahan,lembaga pendidikan dan sebagainya termasuk individu.Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sponsor bersifat massal karena menggunakan media massa seperti radio,televisi,surat kabar hingga sosial media.
2.     Personal Selling  

Terjadi interaksi secara langsung denggan adanya pertemuan antara penjual dan pembeli. Komunikasi yang terbentuk bersifat individual dan dilakukan timbal balik. Keduanya dapat memberikan tanggapan masing-masing dan dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kondisi yang ada. Kegiatan pada aspek pemasaran ini tidak hanya terjadi di tempat pembeli saja tetapi juga dapat dilakukan di tempat penjual atau toko..

3.     Promosi Penjualan

Aktivitas pada promosi penjualan antara lain : peragaan,pertunjukan dan pameran,demonstrasi dan sebagainya. Biasanya kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan promosi lain dan biayanya relatif lebih murah dibandingkan periklanan dan penjualan secara langsung. Promosi dikatakan lebih fleksibel dikarenakan dapat disesuaikan dengan biaya yang ada dan dilakukan dimanapun. Pada kampanye promosi oerusahaan dapat menggunakan salah satu variabel tersebut atau kombinasinya yang di koordinir dengan strategi produk,harga dan distribusi. Secara bersama-sama variabel tersebut mampu membentuk marketing mix yang ditujukan untuk menjacapai pasar.

Kepuasan Pelanggan
            
Melihat kepuasan pelanggan bertujuan untuk memenuhi hak konsumen dan juga menjadi indikator keberhasilan suatu produk yang sudah dipasarkan.Ada 4 hak yang dimiliki oleh konsumen,yaitu :
·       Hak atas keselamatan
·       Hak untuk diberitahu
·       Hak untuk memilih
·       Hak untuk didengar


No comments:

Post a Comment

Cara Menyusun Business Model Canvas

Hallooo sobat unggul! Kali ini saya akan menjelaskan mengenai gimana sih cara menyusun Business Model Canvas sesuai dengan ide bisnis yang s...