Wednesday, June 17, 2020

Merintis Bisnis Online Frozen Food




Hallo guys, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bisnis yang kedepannya akan saya kembangkan di kemudian hari yaitu bisnis online frozen food. Penasaran kan sama bisnis yang akan saya kembangkan,langsung simak aja artikel berikut ini!

 

            Sumber Ide

Pada awal tahun 2020 ini hampir seluruh negara yang ada di bumi terkena wabah pandemic Covid-19, kondisi ini tentunya memaksa semua orang untuk selalu berada dirumah agar tetap terhindar dari virus tersebut. Dengan kondisi seperti ini sangat menghambat berbagai aktivitas masyarakat,salah satunya adalah aktivitas belanja masyarakat. Secara tidak langsung merebaknya pandemic covid-19 ini merubah aktivitas belanja masyarakat yang tadinya datang langsung ke toko menjadi belanja secara online. Oleh sebab itu, saya melihat sebuah peluang bisnis online yang memiliki beberapa keuntungan dan bisnis online yang saya pilih adalah bisnis Frozen food.

 

            Deskripsi Produk

Frozen Food merupakan olahan makanan setengah matang yang dikemas dan dibekukan untuk diolah kembali dengan cara memanaskannya. Frozen Food saat ini tidak hanya berbahan baku dari daging sapi atau ayam saja,seperti sosis dan nugget. Sosis ikan,nugget ikan, tempura, dan risol adalah contoh olahan frozen food yang menjadi favorit banyak orang.

            Masyarakat yang tinggal di kota-kota besar biasanya memiliki kesibukan yang relatif lebih tinggi dibandingkan masyarakat yang tinggal di kota-kota kecil. Kehidupan masyarakat kota besar yang serba cepat apalagi dikala pandemic covid-19 ini menuntut adanya ketersediaan makanan yang dapat diolah dengan mudah dan singkat. Tidak mengherankan jika di supermarket ataupun minimarket di perkotaan banyak tersedia makanan cepat saji yang salah satunya adalah frozen food.

 

           Produksi

1.     Risol Ayam

 


 

Risol merupakan makanan ringan yang sudah tidak asing lagi di indonesia karena cita rasa yang gurih nan enak. Tren yang saat ini mulai berkembang adalah penjualan risol dengan kondisi beku (frozen food) yang bisa tahan dalam waktu yang cukup lama. Nah karena ketahanan yang cukup lama jika dibekukan,maka kalian ga perlu khawatir nih kalau beli risol frozen food dari daerah lain yang dikirim melalui jasa ekspedisi.

 

2.     Nugget Sayur

 


 

Semua pasti tau nugget kan? Iya nugget, makanan yang cepat saji yang selalu menjadi primadonan di minimarket seperti Indoapril dan Alfamini. Nah kalau biasanya yang dijual di minimarket adalah nugget ayam, kali ini saya akan membuat nugget sayur yang rasanya gak kalah enak dengan nugget ayam. Sama dengan risol, nugget sayur ini juga akan dikemas dengan kemasan beku dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

 

 

Team (Organisasi)

 

 


 

Dalam menjalankan bisnis online frozen food ini tentunya saya tidak sendirian, saya sangat membutuhkan team untuk membantu menjalankan bisnis ini. Tentu dengan adanya team, pekerjaan dapat dikerjakan secara bersama-sama. Dengan adanya team yang solid diharapkan akan membuat bisnis online ini menjadi suskses dan membuka lapangan pekerjaan baru. Karena saya akan merintis bisnis online,tentu ada beberapa bagian pekerjaan,antara lain :

·       Admin Sosial Media

·       Customer Service

·       Bagian Produksi

·       Bagian Packing Barang

·       Bagian Keuangan

 

Pemasaran

1.     Promosi

 



Mengenalkan produk yang akan saya pasarkan kepada konsumen dengan cara dan narasi yang menarik untuk memikat para konsumen baru. Saya akan mengenalkan produk saya melalui sosial media seperti instagram,twitter,faceebook maupun situs jual beli online. Tidak lupa juga saya akan memperhatikan bagaimana sih cara kompetitor mempromosikan produk mereka,tentunya tidak sekedar memperhatikan dan menjiplak,tapi juga mengembangkan cara promosi produk saya.

 

 

2.     Bekerja sama dengan konsumen

 

Konsumen yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan. Mereka telah berulangkali membeli produk saya dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya saya memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan. Hal ini cukup efektif menjadi cara pemasaran produk makanan karena produk jenis ini mengandalkan loyalitas pembelinya untuk bertahan di dunia bisnis.

 

            Keuangan


 

 

Model Business Canva yang akan gua terapkan adalah seperti dibawah berikut.




1) Costumer Segment / Segmentasi Konsumen

Karena bisnis yang saya kembangkan adalah bisnis frozen food,tentunya sekmen ini adalah semua kalangan dengan berbagai usia.

2) Value Propositions / Proposisi Nilai

Kelebihan dalam menjual frozen food kepraktisannya dan daya tahan yang cukup lama serta diproduksi sendiri hingga kebersihannya lebih terjamin. Frozen food yang saya jual juga tidak memakai bahan pengawet dan dijual dengan harga yang murah.

 

 3) Channel / Jalur

Dalam menjalankan bisnis ini media yang kami gunakan untuk sampai ke konsumen yaitu media sosial .seperti : -Instagram

-        Facebook

-        Twitter

-        Situs jual beli online

                       

 4) Costumer Relationships / Hubungan dengan Pelanggan

Cara saya menjalin hubungan dengan pelanggan yaitu dengan sering memberikan harga promo dan mengadakan giveaway untuk pelanggan pelanggan saya apabila membeli lebih dari 5pcs frozen food 

5)  Revenue Streams

 Frozen food memiliki kepraktisan dalam memasaknya, sangat di rekomendasikan untuk yang senang dengan hal yang praktis.

 

6) Key Activities / Kegiatan Kunci

Memilih bahan baku yang berkualitas dan mempromosikannya melalui media sosial

 

7) Key Resources / Sumber Daya Utama

·       Menyiapkan lemari es sebagai tempat penyimpanan

·       Alat Pengolah Bahan Baku Produksi

 

8) Key Partnership / Mitra Kunci

-        Pedagang Pasar

-        Petani sayuran

-        Peternakan ayam

 

9) Cost Structure / Struktur Pembiayaan

·       Bahan Baku Produksi

·       Proses Pengolahan Produk

·       Gaji Pegawai

·       Biaya Kemasan dan Packaging




Berikut saya lampirkan Proposal PKM-K sesuai dengan ide bisnis saya.


https://drive.google.com/file/d/13UEwLLs4JC2CdRLDtwl_hvT3xWuM92Eg/view?usp=sharing


No comments:

Post a Comment

Cara Menyusun Business Model Canvas

Hallooo sobat unggul! Kali ini saya akan menjelaskan mengenai gimana sih cara menyusun Business Model Canvas sesuai dengan ide bisnis yang s...