Wednesday, May 6, 2020

Mengenal Manajemen Keuangan Untuk Pebisnis Yang Baru Merintis Usahanya



Kalau kita berbicara tentang manajemen keuangan,pasti kita sependapat bahwa manajemen keuangan adalah bagian paling penting bin krusial bagi setiap pelaku bisnis yang baru saja memulai usahanya maupun yang sudah profesional dalam bidang bisnis.Ada beberapa hal penting dari manajemen keuangan yang tidak boleh keliru seperti penginputan dana dan pembagian dana.Semua itu memerlukan ketelitian dan hukumnya wajib dilakukan nih guys agar keuangan yang ada di bisnis kita bisa lebih teratur.

 

Keuangan sendiri menurut para ahli adalah “Manajemen keuangan berkaitan dengan pengadaan dana dan pemanfaatannya yang efektif dalam bisnis”. Efektif pada hal ini diharapkan kita sebagai pelaku bisnis tidak ceroboh dan lebih teliti dalam mengelola keuangan.

Nah disini saya mau mencoba jelasin beberapa kegiatan pokok di dalam sebuah manajemen keuangan dalam perusahaan, yaitu:

 

Mendapatkan Dana

Aspek pertama dalam manajemen keuangan yang perlu diperhatikan adalah sumber pendanaa. Sumber dana yang kita peroleh bisa nih dijadikan bahan pertimbangan untuk menanamkan modal di perusahaan. Contohnya gini nih guys,ketika kita memperolah modal dana dari seorang investor,maka kita perlu memperhatikan berapa persen sih seorang investor itu memberi suntikan dana untuk perusahaan kita dan berapa persen juga yang akan kita berikan kepada investor dari hasil bisnis yang kita jalankan.

 

Penggunaan Dana

Penggunaan dana juga gak kalah pentingnya nih guys,termasuk aspek yang sangat perlu kudu wajib kita kasih perhatian (jangan doi terus yang dikasih perhatian). Penggunaan dana perlu kita perhatikan agar tidak terjadinya over maupun under budget.Oleh sebab itu,perlu dibuat laporan keuangan yang tersusun atas dasar dua neraca untuk dua waktu.Biasanya nih di dalam laporan digambarkan perubahan dari setiap elemen yang mencerminkan adanya sumber maupun penggunaan dana. Ada beberapa contoh penggunaan dana oleh perusahaan,seperti :

 

·       Membayar Kewajiban : Membayar dana pinjaman yang telah jatuh tempo agar tidak terkena     denda

·       Biaya Operasional Perusahaan : Biaya yang perlu kita siapkan untuk operasioanl perusahaan

·       Investasi : dana dapat di investasikan baik dalam bentuk saham,properti ataupun bentuk lainnya.

 

 

 

Cashflow

Cashflow atau biasa kita sebut aliran dana merupakan sebuah siklus keuangan yang terdapat di perusahaan guys,dengan menggunakan uang perusahaan untuk bisa mendapatkan sejumlah sumber bagi bisnis yang dijalani. Ada dua jenis cashflow yang bisa kita pahami, antara lain :

 

a.     Cash Inflow

Merupakan segala bentuk keuangan yang masuk ke dalam perusahaan dan menjadi dana yang menambah aset perusahaan. Biasanya nih cash inflow meliputi hasil dari bisnis tersebut,pinjaman dana dari bank,bunga hasil investasi dan beberapa modal tambahan yang diperoleh dari investor.

 

b.     Cash Outflow

Merupakan dana yang dikeluarkan perusahaan.Biasanya untuk membeli kebutuhan pokok perusahaan dan untuk membayar upah karyawan perusahaan.

 

Mengelola manajemen keuangan tentu bukan sebuah hal yang mudah untuk kita lakukan,terutama bagi pebisnis yang baru saja memulai bisnis dengan pengalaman yang masih minim,namun semua itu tentu harus tetap dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahan pada keuangan perusahaan.Nah buat kalian yang ingin memulai bisnis sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu mengenai manajemen keuangan dalam bisnis dengan pebisnis yang lebih senior karena dia tentunya lebih paham mengenai seluk beluk bisnis beserta manajemen keuangan yang baik,atau jika ingin mengeluarkan biaya sedikit kalian bisa menggunakan jasa konsultan keuangan yang tentunya kaliah harus selektif dalam memilih jasa konsultan yang sudah kompeten.

 


No comments:

Post a Comment

Cara Menyusun Business Model Canvas

Hallooo sobat unggul! Kali ini saya akan menjelaskan mengenai gimana sih cara menyusun Business Model Canvas sesuai dengan ide bisnis yang s...